Link Favorit

Kata-Kata Bijak Hari Ini

Hidup itu seperti naik sepeda, di harus tetap bejalan agar bisa seimbang (Albert Enstein)
Minggu, 18 Mei 2014

Let's Play with Dough

Bunda tentu sudah tidak asing lagi dengan permainan berupa clay dan aneka lilin serta dough atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia disebut sebagai "adonan". Waktu berjalan-jalan ke toko mainan, ada banyak sekali jenis mainan yg menggunakan bahan adonan ini, seperti pada pakian mainan juga memiliki tren tersendiri. Sekarang sedang populer permainan yang menggunakan bahan adonan tersebut, aneka merek dan harga ditawarkan oleh para produsen, dan rata-rata mainan anak tidak pernah murah, apalagi mainan tersebut dibuat oleh produsen yng sudh memiliki brand. Namun, kita tidak harus selalu membeli kan bun, dengan sedikit usaha kita bisa membuat mainan sendiri untuk si kecil dengan bahan-bahan yang ada dirumah atau bahkan kita bisa memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang ada disekitar rumah. Nah...kali ini kita akan membuat mainan berupa "adonan" yang bisa dibuat sendiri di rumah, bahan-bahanya pun sangat mudah. Bahan "adonan" ini bisa kita gunakan untuk memperkenalkan warna pada anak, dapt juga kita gunakan untuk mengajarkan aneka bentuk, serta melatih kreatifitas dan imajinasi anak. Ayo bun siapkan kertasnya untuk mencatat bahan dan cara membuatnya.
BAHAN:
150 gr tepung terigu berkalori rendah atau bisa juga dengan tepung jagung
75gr garam dapur
2 sth cream of tartar
2 sth pewarna makanan
1sth minyak goreng
1 cup air (perbandingan air dengan tepung 1:1)
CARA MEMBUAT :
Campur semua bahan kering menjadi satu yaitu garam,tepung dan cream of taryar aduk sampai rata,kemudian camurkan pewarna dengan minyak goreng,masukan kedalam bahan tkering,aduk kembali,dan masukan air sambil terus di aduk. Panaskan adonan pada api kecil,sambil terus diaduk. Jika adonan sudah lengket dan mengental tandanya adonan sudah jadi, setelah dingin adonam dapat diaimpan dalam wadah kering.
Cara permainanya, bunda dapat menggunakan aneka cetakan cookies untuk mengenalkan bentuk seperti lingkaran, segitiga, segi empat, jantung dll. Atau bentuk bunga dan hewan sesuai keinginan putra putri bunda. Selamat mencoba bunda, dan selamat bermain ya :) ...Let's play with dough :)

0 komentar: